Adsense Indonesia

Tips Diet Khusus Untuk Diare


Kebanyakan orang merasa bahwa diare adalah sesuatu yang memalukan untuk dibicarakan. Orang yang terkena diare biasanya akan langsung mencari metode penyembuhan yang mudah seperti obat-obatan. Namun, ada satu rahasia yang tidak banyak orang ketahui. Diare sangatlah mudah untuk dicegah hanya dengan
pola makan yang teratur.  Diet khusus ini akan melegakan perut Anda sekaligus meringankan gangguan-gangguan perut yang sering Anda alami. Selain kedua keuntungan ini, diet ini akan mencegah diare yang nyatanya sangat berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi. Dengan mengikuti saran-saran berikut ini, Anda pun dapat mencegah dehidrasi dengan mudah.

Minumlah 8 hingga 10 gelas cairan setiap hari. Setiap kali anda buang air, lekaslah minum untuk mengganti cairan yang hilang. Minuman yang Anda konsumsi tidaklah harus selalu air putih. Anda memerlukan cairan-cairan tipe lain juga karena beberapa jenis minuman memiliki nutrisi-nutrisi dan elektrolit yang baik bagi tubuh. Cairan yang sangat baik bagi tubuh di antaranya adalah air putih, jus buah, ginger ale(minuman berkarbonasi rendah yang terbuat dari sari jahe), kaldu, sup, teh encer bahkan minuman olahraga seperti Gatorade.

Apabila Anda menderita diare selama lebih dari 2 hari, lekaslah hubungi dokter. Diare Anda mungkin adalah gejala keracunan makanan atau gejala penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Sungguh sangat disayangkan tidak banyak orang yang sadar bahwa makanan bisa menjadi penyebab diare.
Jenis-jenis makanan pada diet khusus ini tidak selalu memiliki kinerja yang sama pada setiap orang, jadi untuk kepastian Anda, ada baiknya apabila Anda mengikuti semua pola makan ini.
Pertama, jauhi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh kental, kopi dan minuman bersoda. Diare juga bisa menjadi lebih parah apabila Anda mengkonsumsi produk-produk susu. Hindari juga makanan yang pedas dan berlemak.

Hal lainnya yang tak kalah penting dalam diet Anda adalah serat. Asupan serat Anda harus diperbanyak untuk mencegah diare. Contoh makanan kaya serat adalah sayuran, biji-bijian, sereal yang terbuat dari whole grain(biji-bijian yang tidak digiling selama proses pembuatan) dan roti.
doktermu






0 comments:

Post a Comment